Pengertian Bursa Efek Lengkap

Apa itu Bursa Efek? Bursa Efek adalah salah satu pihak yang mengelola serta menyediakan suatu sistem dan memfasilitasikan para pedagang dan konsumen untuk bertemu ketika ingin melakukan transaksi jual – beli efek tujuan dari perdagangan diantara mereka.

Bursa Efek Lengkap

Ada beberapa Pengertian Bursa Efek diantaranya :

  • Bursa Efek adalah tempat dimana mengorganisir para pedagang melakukan suatu kegiatan jual beli sebuah saham atau pun surat berharga melalui aplikasi – aplikasi yang di sediakan oleh bursa efek.
  • Bursa Efek adalah suatu tempat mempertemukan para pencari modal dengan pihak yang mempunyai uang untuk bertujuan berinvestasi.
  • Bursa Efek merupakan suatu tempat yang akan mempertemukan bara broker dengan dealer untuk melakukan suatu transaksi jual – beli efek (saham serta obligasi. Pada dasarnya Bursa Efek di Luar Negeri diterbitkan oleh swasta, bahkan pemilikannya pun para pialang dan dealer tersebut (Marzuki Usman, 1994 : 10)
  • Pendapat dari Husnan (1998), dalam bukunya tertulis tentang pengertian dari bursa efek yang berarti dimana perusahaan yang menyediakan suatu pelayanan jasa untuk mewujudkan melakukan kegiatan transaksi jual beli di pasar sekunder.

Apa saja yang diperjual belikan di Bursa Efek?

Beberapa surat berharga yang dapat dijual oleh Bursa Efek diantara lain :

  • Saham yaitu pembuktian atas ke pemilikkan sebuah perusahaan, sebab dengan saham di sebut sudah bersedia menyetor atas penyertaan modal. Dengan itu, para pemilik saham berhak untuk memperoleh sebuah keuntungan yang setara dengan modal yang telah setorkan kepada perusahaan tersebut. Hal ini di sebut pengertian saham.
  • Obligasi adalah tempat dimana seseorang melakukan peminjaman modal dengan dalam jangka waktu panjang dari sebagian perusahaan emiten serta obligor yang juga memiliki arti pemilikkan daham atau memiliki modal yang telah membeli suatu perusaan. kesimpulannya Obligadi merupakan pemilik saham , sedangkan Obligor adalah surat hutang.

Fungsi dan Tugas Bursa Efek

Fungsi Bursa Efek (E. Tandelilin, 1991 : 81) antara lain :

  • Menerbitkan sebuah pasar yang telah melanjutkan para efek untuk memberikan tawaran kepada kalangan masyarakat.
  • Memberikan harga yang pantas dan wajar bagi efek yang telah ditawarkan pada pasar tersebut.
  • Bersedia membantu terhadap pembelanjaan di dunia usaha dan modal.

Kemudian pendapat Tjiptono Darmadji (2001 : 95)

  • Tugas dari Bursa Efek adalah sebagai fasilitator.
  • Bersedia memanfalitasikan dalam perdagangan efek.
  • Mengusahakan untuk likyiditas instrumen agar pencairan dana dapat dilakukan dengan cepat dan mudah pada efek yang terjual.
  • Memberikan informasi yang lengkap kepada semua kalangan masyarakat.
  • Memberikan pelayanan terhadap masyarakat di pasar modal, serta memberi penarikkan kepada para calon investor serta perusahaan yang telah siap untuk go publik.
  • Menerbitkan pelayanan instrumen serta jasa baru.

Tugas Bursa Efek sebagai SRO atau Organisasi Regulasi Mandiri :

  • Menciptakan tata tertib bagi pemilik saham untuk melakukan transaksi bursa.
  • Mengawasi agar terhindar dari transaksi yang telah dikeluarkan saat pelksanaan.
  • Kepastian Bursa Efek mempunyai suatu kekuatan hukum yang dapat mengikat atas perlindungan di dunia pasar modal.

Proses Jual Beli Saham

Cara Berbisnis saham di Bursa Efek :

Ketika anda melakukan suatu pembelian saham dengan melihat posisi tempat anda sebagai salah satu Investor Beli serta anda di wajibkan untuk membeli Pialang untuk anda (contoh bursa efek di kantor pialang “A”)

Selanjutnya akan ada pemintaan atas perizinan anda untuk melakukan pialang di saham lain (contoh bursa efek di kantor pialang “B”).

Pelaksanaan transaksi tersebut di catat dalam entri di sistem komputer perdagangan otomatis yang berlangsung di perusahaan pialang pada sistem JATS yang kepanjangan dari Jakarta Automated Trading Systems.

Cara kerja pada komputer ini dengan menggunakan program tawar menawar sehingga saat beraktifitas melakukan pembelian akan dipilih dari harga paling tinggi, begitu pun sebaliknya pada saat melakukan transaksi penjualan dipilih dari harga paling murah.

Apabila anda ingin melakukan transaksi penjualan saham, dengan itu posisi anda saat itu merupakan sebagai Investor Jual. Umumnya dalam segala hal pelaksaannya ada di wajibkan untuk menghubungi pialang tersebut.

Begitupun di saat melakukan transaksi pembelian saham, total dari kelipatan maupun penawaran maksimal, namun penawaran dilakukan tidak bisa sembarangan.

Setiap transaksi ada tata cara dan tertib serta peraturan bagi jumlah kelipatan permintaan dan penawaran harus terjadi kesepakatan, peraturan tersebut adalah fraksi harga.