Apa Arti Fintech? Dan Apa Saja Layanan Yang Tersedia?

Dalam dunia keuangan digital istilah fintech sendiri sudah tidak asing dengan istilah dari kata fintech, tapi apakah anda sudah tahu apa itu fintechbagaimana jalannya.

Sejarah dan Arti Fintech

fintceh adalahsalah satu pengembangan yang berasal dari teknologi keuangan dalam sektor jasa keuangan yang muncul di Abad ke-21.

Pada mulanya, fintech sendiri digunakan dalam penerapan teknologi back-dan ke arah konsumen berguna untuk transaksi keuangan.

pengertian fintechdan penggunaan istilah fintech dapat digunakan dan juga berlaku untuk semua orang termasuk anda bila anda melakukan transaksi hingga terjadinya bisnis.

Dengan anda berada di era mienial seperti saat ini dengan banyaknya invosi dalam bertransaksi dan berbisnis.

Menyebabkan revolusi mulai dari internet hingga mobile pun turut mengalami revolusi, maka dapat dikatakan jika teknologi keuangan mengalami pertumbuhan secara eksplosif.

Baca Juga : Apa itu Bitconnect? dan Bagaimana Cara Mendapatkan Keuntungan Disini?

Mulanya definisi fintechdikatakan bahwa gunanya hanya sebagai penerapan teknologi komputer lanjutan dalam back office bank dan juga perusahaan dengan sektor perdagangan.

 Dan mulai dari situ maka fintech mempunyai peran yang berpengaruh besar dalam laju keuangan yang komersil.

Berbagai variasi dari sektor keuangan mulai bermunculan dengan bermodalkan  keyakinan bahwa fintech mampu meningkatkan jangkauan layanan keuangan.

Dengan munculnya fintech bisa dikatakan mempermudah segalanya baik dalam cara untuk semua etensitas agar memiliki akses ke seluruh alat dan juga jasa keuangan tetapi dengan mengeluarkan biaya yang tergolong terjangkau.

Dengan berakhirnya era perbankan tahun 2000-an dan bertransformasi menjadi fintech. Saat ini sudah ada sekitar 135 perusahaan stratup Fintech di Indonesia dan sudah terdaftar di OJK.

Jadi dengan kata lain arti fintechakan terus mengalami perkembangan diiringi dengan perkembangan teknologi yang kian melonjak.

Baca Juga : Tentang IPO dan ICO : Cara Kerja Bisnis Di Masa Depan Yang Akan Berubah Drastic

Perkembangan dan Layanan Fintech di Indonesia

Berikut ini beberapa contoh layanan fintech yang banyak digandrungi oleh pengguna keuangan :

1. Crowdfunding

Salah satu layanan fintech yang tujuannya guna menggalang dana dengan menggunakan sistem P2P alias Peer To Peer.

3. Robot Penasihat

Salah satu sistem keuangan yang memberi saran secara otomatis mengenai manajemen portofolio dengan basic alogaritma tetapi tidak menggunakan hitungan maupun perencanaan keuangan manusia, jadi sistem ini sendiri sebuah layanan Manajemen Aset alias Wealth Management.

3. Pembayaran Digital

Dengan fitech mengalami perkembangan memberi pengaruh yang positif terhadap pembayaran digital karena mempermudah nasabah perbankan dan menjadi lebih Mobile, anda dapat hanya menggunakan smartphone anda.

Baca Juga : Mengenal Bitcoin Dan Cara Mendapatkannya Secara Gratis

Setelah beberapa layanan diatas pengguna fintech yang didalamnya termasuk juga perusahaan non-perbankan, dan berikut ini beberapa proses dalam bisnis, misalnya:

  • Transaksi Keuangan,didalamnya mencakup pembayaran digital (Bitcoin), Dompet digital (wallet), dan juga sistem P2P.
  • Investasi Keuangan,pinjaman dengan bentuk P2P, dan penggalangan modal.
  • Permodalan, tergolong pinjaman mikro dan sistem kredit.
  • Asuransi, tergolong manajemen resiko.
  • Penasihat Keuangan
  • Proses Silang, termasuk model prediksi dan analisa big data.
  • Infrastruktur,gunanya untuk keamanan dalam layanan fintech, cluser atau pun di saster recovery yang dikhususkan untuk fintech.

Dengan kondisi indonesia yang hampir 150 juta penduduknya pasti menggunakan internet hal tersebut sudah termasuk dan dapat dikatakan hampir mencakup lebih dari 50% alias lebih dari setengah populasi penduduk.

Dan hal itu juga yang menyebabkan arti dari fintech dapat berubah dan dapat di jangkau dan dirasakan oleh seluruh penduduk tidak hanya di perkotaan tapi juga di pelosok juga dapat merasakan. 

Baca Juga : 3 Investasi Cryptocurrency Terbaik Berpotensi Profit Tinggi