Jurnal Penutup

Jurnal penutup atau dalam bahasa asingnya adalah Closing Journal Entery, pada hakikatnya merupakan stuktur dasar dari posisi keuangan yang terdiri dari 3 kelompok.

Baca Juga : Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Tiga kelompok yang dimaksud adalah Aktiva, Kewajiban, dan juga Modal. dan untuk pembahasan selanjutnya maka akan dikembangkan menjadi 5 dengan menambahkan Penghasilan dan juga beban.

Penghasilan dan juga Beban yang sejatinya merupakan unsur dari penambahan atau juga pengurangan daro modal adan sebagai pemilik usaha itu sendiri.

Dan karena itu, di akhir Periode dalam akutansi sendiri kedua kelompok tersebut wajib atau harus dikembalikan ke akun awal atau akun induk, yakni modal pemilik pada ending nya saldo laba dan juga rugi akan disisipkan atau ditambahkan ke modal pemilik.

Dalam hal tersebut disebabkan dari pemindahan dari kelompok pendapatan dan juga beban ke dalam kelompok modal itu sendiri, dari istilah akutansi itu sendiri disebut Ayat penutup.

Ayat penutup sendiri dilaksanakan atau dilakukan bahkan diambil dari proses atau alur yang melewati Jurnal penutup.

Baca Juga : Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Jika anda sudah membuat Jurnal penutup maka dapat anda posting, dan akun kelompok pendapatan dan juga beban maka akan dimulai dari awal lagi atau dengan nilai yang nihil alias nol.

Akun bisa dikatakan memerlukan jurnal penutup adalah beberapa akun ini, akun pendapatan, beban ikhtisar laba ataupun rugi, dan tentunya juga pengambilan prive alias pengambilan pribadi.

Dan berikut ini akan diberikan untuk anda Contoh jurnal penutup dalam kasus pembukuan perusahaan Eva salon :

Setelah membuat jurnal penutup tersebut maka anda akan dapat melihat akun pendapatan dan juga beban Eva salon menunjukkan nilai yang nihil alias nilai nol.

Baca Juga : 7 Daftar PTC Lokal Terpercaya dan Terbaik

Kemudian lakukan pemindahan bukuan alias posting jurnal penyesuaian dan juga jurnal penutup. sesudah jurnal penyesuaian dan juga jurnal penutup anda buat maka tahap yang harus anda lalui selanjutnya adalah pemindahan bukuan alias posting.

Dan kedua jurnal tersebut di jadikan satu dalam akun buku besar. dan dibawah ini merupakan contoh dari jurnal penyesuaian dan jurnal penutup untuk dalam kasus eva salon.

Baca Juga : Apa Arti Fintech? Dan Apa Saja Layanan Yang Tersedia?

Jadi apakah yang harus dilakukan oleh bagian akutansi dari Eva Salon tersebut ? sesudah pemindahan bukuan alias posting jurnal penyesuaian dan juga jurnal penutup ke akun buku besar, silahkan anda tebak dan cari tahu.

Sebelumnya ada baiknya anda mengetahui definisi dari Jurnal penutup itu sendiri, jika belum tahu maka disini akan dibaerikan artin secara luas tentang jurnal penutup.

Baca Juga : 14 Situs PPC yang Terbukti Membayar Mahal 2019

Jadi Jurnal penutup adalah jurnal yang dibuat pada akhir periode akutansi untuk menutup akun-akun nominal sementara, Jadi selamat mencoba dan jangan takut gagal semoaga berhasil !