Panduan Menambang Bitcoin – Cara mulai menambang Bitcoin

Mungkin pada saat ini Bitcoin yang merupakan salah satu koin yang terdapat dalam cryptocurrency yang paling populer dan terlaris. Meskipun Bitcoin terkadang mengalami pasang surut karena karena ketidakstabilan dalam harga.

Bitcoin juga sudah tersebar hingga di negara Indonesia. Dan ternyata sudah banyak juga warga Indonesia yang telah menjadi penambang bitcoin yang sering disebut Minner. Bagaimana tidak tertarik? di Indonesia harga 1 Bitcoin bisa mencapai melebihi Rp. 100.000.000.

Bagaimana cara menambang bitcoin?

Pagi pemula yang ingin terjun dalam pembisnis penambang bitcoin, sebaiknya anda harus memahami dulu apa yang di maksud dari penambang bitcoin, bagaimana cara bermain bitcoin itu?

Cara mining bitcoin atau Menambang bitcoin merupakan suatu kegiatan yang telah diakui keresmiannya dan menggunakannya dengan melalui proses vertifikasi hash SHA256 yang dilakukan secara dua tahap agar segala data transaksi bitcoin dan tingkat keamanan yang merupakan syarat utama bagi buku besar (ledger) dalam komunitas bitcoin tersebut.

Komunitas bitcoin membagikan upah untuk para penambang bitcoin yang telah berusaha menggapai penambangan, mereka akan mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan yaitu sebuah bitcoin yang berkontribusi daya komputasi.

Baca Juga : Aplikasi Cloud Mining Bitcoin Yang 100% Aman

Tahap Pertama

Meraih Peranti Keras untuk Menambang Bitcoin

Saat melakukan pembelian coin bitcoin, terdapat beberapa kejadian yang tidak terduga. Dengan tersebut untuk menghindarinya kemungkinan sebaiknya anda memerlukan sebuah peranti keras untuk digunakan saat menambang dan menggunakan coin dari bitcoin tersebut. Pembelian peranti keras ada di Amazon.

Cara Memulai Menambang Bitcoin

Sebelum anda memulai melakukan penambangan bitcoin, seperti keterangan di atas, sebaiknya anda menyiapkan terlebih dahulu peranti keras yang akan digunakan pada saat menambang bitcoin.

Ketika pertama kali bitcoin terbit, untuk melakukan penambangan hanya cukup dengan memiliki Laptop/PC, atau sebuah kartu presesor video yang mempunyai kualitas kecepatan tinggi.

Namun, karena semakin meningkatnya peminat Bitcoin maka dengan cara demikian kurang memadai, sehingga menciptakan sebuah Chip ASIC dimana dirancang secara khusus untuk memberikan suatu kinerja hingga mencapai 100 kali lipat daripada sistem kinerja sebelumnya, dan saat ini sudah mendominasi untuk industri penambang bitcoin tersebut.

Pada awalnya menambag bitcoin yang menggunakan peranti sebelumnya memerlukan daya listrik yang tinggi sehingga penghasilannya pun tidak menutup untuk membiayai daya listrik yang telah digunakan.

Maka dari itu dirancang peranti keras yang mampu untuk meringankan daya listrik yang dibutuhkan pada saat melakukan menambang bitcoin. \

Beberapa Layanan Menambang Bitcoin Melalui Cloud

Selain dengan cara membeli perangkat keras. Ada cara yang berbeda dengan membeli kontrak menambang bitcoin melalui cloud. Sistem kerja dari cloud sangatlah mempermudah penambangan bitcoin.

Namun, anda harus bijak dalam memilih atau dipahami terlebih dahulu tentang penawaran dari cloud. Sebab, banyak cloud yang merupakan penipuan.

Berikut ada beberapa cloud yang terdapat di internet yang dapat anda pelajari sebelum memutuskan untuk memilih. Seperti di atas anda harus waspada untuk menentukan pilihan,

1. Hashflare

Hashflare memberikan penawaran kontrak menambang SHA256 serta koin SHA256 yang pastinya lebih menguntungkan dan juga dapat melakukan tambang, dan transaksi pembayaran otomatis pun masih di dalam BTC. Tetapi para membernya wajib membeli setidaknya 10GH/d.

2. Genesis Mining

Genesis Mining adalah sebuah perusahaan yang terbesar di dunia dimana genesis mining mampu memberikan suatu pelayanan jasa yang menyediakan perangkat penambang bitcoin dan menyediakan pertambangan awan.

3. Minex

Minex merupakan suatu agregator inovatif yang berasal dar berbagai proyek yang dilakukan oleh blockchain yang telah dipresentasikan ke dalam suatu format permainan simulasi perekonomian.

4. Minergate

Minergate yang telah memberikan penawaran tentang menambang kumpulan, gabungan serta layanan terhadap menambang cloud bagi bitcoin.

5. Eobot

Eobot adalah sebagian dari cloud mining yang membagikan coin secara gratis pada tiap harinya. Dalam situs ini telah membuktikan bahwa eobot bukanlah sebuah perusahaan ataupun aplikasi penipuan serta sudah terbukti akan membayar kepada penggunanya hingga saat ini.

Baca Juga : Tutorial Cara Mining di Eobot.com Gratis dan Terbukti Membayar

Tahap Kedua

Unduh Peranti Lunak Gratis Untuk Menambang Bitcoin

Ketika anda sudah memiliki sebuah peranti lunak untuk diguanakan menambang bitcoin, maka anda wajib untuk mengunduh suatu program khusus disaat anda melakukan menambang bitcoin.

Dalam internet telah banyak yang menawarkan beberapa program yang beruntukan saat melakukan penambangan bitcoin. Tetapi, ada dua jenis program yang sangat terkenal dan telah banyak mempergunakannya yaitu CGminer dan BFGminer. Kedua program tersebut merupakan suatu program yang dirancang dan dipublikasikan oleh pemerintah.

Tahap Ketiga

Bergabung dalam Kumpulan Penambang Bitcoin

Apabila anda telah yakin dan ingin serta siap terjun dalam dunia penambagan bitcoin. Sebaiknya anda juga bergabung penambang bitcoin.

Kumpulan penambang bitcoin merupakan suatu kelompok dari sekian para penambang bitcoin bersatu untuk bekerja sama dalam memcahkan suatu permasalahan yang terjadi di penambangan serta saling berbagi dalam penghasilan yang diterima.

Apabila anda tidak bergabung dengan kumpulan para penambag bitcoin, kemungkinan besar anda akan memperoleh sebuah bitcoin dari hasil menambang bitcoin sendiri dengan kurung waktu 1 tahunan bahkan bisa lebih.

Maka dari itu lebih terciptanya gabungan antar para penambang agar mendapatkan bitcoin lebih cepat dan bisa berbagi hasil.

Langkah Keempat

Jika anda sudah melakukan pada tahap tahap sebelumnya, maka anda harus membuat dompet bitcoin sendiri untuk menyimpan semua coin-coin yang bakal anda miliki.

Copay merupakan salah satu dompet bitcoin yang baik dan aman serta dapat dipergunakan di berbagai sistem Bitcoin.

Baca Juga : Cara Membuat Wallet Bitcoin Indonesia

Langkah Kelima

Mengikuti Berita Perkembangan Bitcoin

Penting untuk anda, apabila anda ingin mengetahui bagaimana perkembangan dari penambangan bitcoin, maka anda setidaknya selalu mengikuti berita tentang bitcoin tersebut. Dunia berita bitcoin salah satunya adalah WeUseCoins.

Semoga bermanfaat.